Pages

RPP SMP TIK KELAS VII - IX



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            
:
SMP/MTs ..................
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
1.         Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar
:
1.1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Alokasi Waktu
:
1 x pertemuan (1 x 40 menit)

A. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
v  mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan   komunikasi dengan tepat
v  mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan   komunikasi teknologi informasi
v  mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan   komunikasi elektronika
v  Melalui setudi pustaka peserta didik dapat :
v  menjelaskan pengertian dan  fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang telekomunikasi
v  Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
v  menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang teknologi informasi
v  menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang elektronika

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Pembelajaran
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
a.       Bidang telekomunikasi
b.      Bidang teknologi informasi
c.       Bidang Elektronika
Fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan            :  CTL
Model                    :  Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
            1. Kegiatan Pendahuluan
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
·         Memberika motivasi pentingnya TIK
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Peserta didik membentuk kelompok diskusi
            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab. komputer, Nama Sekolah      dan sekitarnya
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mencari  informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
F  Mengerjakan lembar kerja.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.

F. Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang


Ø  Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Tes tertulis




Tes Tertulis
Uraian




Uraian
Tunjukkanlah gambar  yang termasuk  peral-atan teknologi informasi dan sebutkan nama peralatannya.

Jelaskan fungsi dari faximail!
        
Lembar Observasi
No
Aspek yang dinilai
Skala kuantitatif
Nilai =
4
3
2
1
Jsp/jsm x 100
1
Menunjukan alat input




2
Menunjukan alat pemerosesan data




3
Menunjukan alat output




4
Menunjukan alat trasfer data





Jumlah
8
3
2
-


Nilai = Jumlah Skor Perolehan  x 100 = 13   x   100 =  81,25
            Jml Skor maksimal                           16

Keterangan:
Berikan tanda check ( V ) pada kolom yang sesuai
            4 jika selalu muncul
            3 jika sering muncul
            2 jika kadang-kadang muncul
            1 jika tidak pernah muncul


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            
:
SMP/MTs ..................
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
1. Memahami penggunaan TIK dan prospeknya di masa datang

Kompetensi Dasar
:
1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan TIK dari masa lalu sampai sekarang
Alokasi Waktu
:
2 x  pertemuan ( 2 x 40 )

A. Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik mampu :
·         Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang telekomunikasi
·         Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang informasi
·         Menjelaskan perkembangan perangkat Tik dalam bidang etika
·         Mendeskripskan perkembangan perangkat TIK beserta fungsinya dan dampaknya

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Pembelajaran
  1. Sejarah tentang perkembangan bidang telekomunikasi
  2. Sejarah tentang perkembangan komunikasi
  3. Sejarah tentang perkembangan informasi
  4. Perangkat-perangkat TIK dari tradisional sampai modern

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan  CTL
Model: Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
            1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan peserta didik tentang keuntungan dan kerugian dampak TIK
F  Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb) tentang sejarah perkembangan TIK
F  Menjelaskan fungsi beberapa perangkat TIK
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan Kedua
            1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
           
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menyampaikan sejarah perkembangan TIK dari tradisonal samapai moderen
F  Menyampaikan sejarah perkembangan TIK secara elektronik  dari generasi pertama sampai generasi terakhir
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Mengerjakan lembar kerja


E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku teks, lembar kerja, VCD dsb.

F. Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi


Ø  Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  beserta fungsinya
Tes tertulis




Ter tertulis
Uraian/ pilihan ganda


Uraian
Jelaskan berbagai penemuan yang terkait dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi!

Deskripsikanlah  fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan perkembangan penemuannya!
        

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            
:
SMP/MTs ..................
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester
:
VII / 1
Standar Kompetensi
:
Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar
:
1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan
       komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu
:
1 X 40 menit.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
  1. Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang.
  2. Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan.
  3. Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan.
v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Ajar :
  1. Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
Metode Pembelajaran :
  1. Diskusi
  2. Tanya Jawab
  3. Penemuan dari telaah pustaka
Pendekatan CTL dan life skill.
Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
  1. Kegiatan Pendahuluan :
apresiasi  dan motivasi  :
    1. Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang berkaitan dengan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari.
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran

  1. Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F   Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang.
F  Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan.
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
F  Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber / Alat pembelajaran :
  1. Perangkat TIK
  2. Buku paket + literatur tambahan
  3. Multimedia
Penilaian :
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Menyebutkan  peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan

Ø  Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
Tes tertulis



Tes tertulis
Uraian



Uraian


Sebutkan  peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan!

Jelaskanlah peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!
        

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah            
:
SMP/MTs ..................

Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester
:
VII / 1

Standar Kompetensi
:
Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di masa mendatang

Kompetensi Dasar
:
1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari
penggunaan teknologi informasi dan   komunikasi.

Alokasi Waktu
:
1 X 40 menit.




I
Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :
·  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
·  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan kkomunikasi.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

II
Materi Ajar :
·  Keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
·  Keuntungan penggunaan produk teknologi informasi dan komunikasi.
III
Metode Pembelajaran :
·  Diskusi dan ceramah
·  Tanya Jawab
·  Penemuan dari telaah pustaka
·  Pendekatan CTL dan life skill.
IV
Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
1. Kegiatan Pendahuluan :
apresiasi  dan motivasi  :
a.       Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang berkaitan dengan keuntungan menggunakan perangkat dan produk teknologi informasi dan komunikasi.
b.      Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengamati keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan diberbagai bidang.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Melakukan studi pustaka tentang berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
F  Menarik kesimpulan tentang keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan diberbagai bidang.

V
Sumber / Alat pembelajaran :
·  Perangkat TIK
·  Buku paket + literatur tambahan
·  Multimedia
VI
Penilaian :
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Ø  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi
Tes tertulis




Tes tertulis
Uraian




Uraian
Sebutkanlah keuntungan- keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi!

Sebutkanlah berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi!
        

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            
:
SMP/MTs ..................
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar
:
1.5 Mengidentifikasiberbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi .
Alokasi Waktu
:
1 x pertemuan ( 1 x 40 menit )

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
  • Mengidetifikasi dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan   komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan.
  • Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan tekonologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan.
  • Menjelaskan dampak negatif penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
  • Menjelaskan dampak negatif dari produk yang dihasilakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi .

  • Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     Materi Pembelajaran
Perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak negatif
·         Bidang telekomunikasi
·         Bidang teknologi informasi
·         Bidang Elektronika

Produk yang dihasilkan dari teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak negatif.
·         Bidang telekomunikasi
·         Bidang teknologi dan informasi.
·         Bidang Elektronika.
C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
      Model Cooperative Learning

D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
            1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang dampak negatif penggunaan  teknologi informasi dan komunikasi
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan produk teknologi dan informasi dan komunikasi yang dapat berdampak negatif.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Peserta didik membentuk kelompok .
F  Memberikan contoh dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan.
F  Melakukan studi pustaka untuk mengetahui dampak negatif  teknologi informasi dan komunikasi.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi



E.     Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.

F.      Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan

Ø  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan
Tes tertulis





Tes tertulis
Uraian





Uraian
Sebutkanlah dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!


Sebutkanlah dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan!

        

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            
:
SMP/MTs ..................
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer
Kompetensi Dasar
:
2.1 Mengaktifkan komputer sesuai prosedur
Alokasi Waktu
:
1 x pertemuan (1 x 40)

  1. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangat peralatan komputer di lab. Komputer, peserta didik dapat :
·         menunjukan tombol - tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
·         menjelaskan fungsi tombol-tombol yang digunakan untuk menghidupkan komputer
·         menjelaskan 3 langkah menghidupkan komputer ( proses cold boot ) atau memulai Windows secara tepat dan benar
·         mendemonstrasikan 3 langkah menghidupkan komputer ( proses cold  boot ) atau memulai Windows secara tepat dan benar

·         Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

 B. Materi Pembelajaran
Mengaktifkan komputer

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL Model Direct Learning, Cooperative Learning

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
            1. Kegiatan Pendahuluan
·         Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan komputer
·         Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan komputer
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengamati dan menunjukan nama dan fungsi tombol-tombol untuk mngaktifkan komputer
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Mendemontrasikan proses cold boot  dengan langkah secara tepat dan benar
F  Mendemontrasikan proses warm boot jika komputer hang dengan langkah secara tepat dan benar
F  Mengerjakan lembar kerja.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

E. Sumber Belajar
Komputer, buku reverensi, lembar kerja.

F. Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer


Ø  Melakukan proses ”cold boot


Ø  Melakukan proses ”warm boot
Tes praktik (kinerja)



Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)
Tes Identifikasi



Tes uji kerja

Tes uji kerja

Tunjukkanlah tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer!


Aktifkanlah komputer melalui proses ”coldboot”!

Aktifkanlah komputer melalui proses ”warmboot”!
 Lembar Observasi
No
Instrumen
Skala kwantatif
Nilai =
5
4
3
2
1
Jsp/jsm x 100
1
Tombol power listrik






2
Tombol stavol / stabilizer






3
Tombol monitor






4
Tombol Power CPU







Jumlah







Total jumlah



No
Instrumen
Skala kwantitif
Nilai =
5
4
3
2
1
Jsp/jsm x 100
A
Menghidupkan komputer ( Cold boot)






1
Mengecek aliran listrik/Menghidupkan monitor






2
Mengecek disk drive A dalam keadaan kosong atau berisi






3
Menekan tombol power dan menunggu layar utama Window muncul






B
Proses warm boot






4
Menggunakan key board






5
Mengunakan tombol yang ada pada CPU







Jumlah







Total jumlah


Catatan:
SP = Skor Perolehan    Smax = Skor Maksimal=25

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah            
:
SMP/MTs ..................
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
2. Mengenal dasar operasi komputer
Kompetensi Dasar
:
2.2 Mematikan komputer sesuai prosedur
Alokasi Waktu
:
1 x pertemua ( 1 x 40 )

A. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangkat komputer dalam keadaan hidup,peserta didik mampu :
·   menjelaskan 4 langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan mouse
·   menjelaskan  4 langkah mematikan komputer dengan menggunakan key board
·   mendemonstrasikan 4 langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan mouse secaara tepat dan benar ( lembar uji prosedur )
·   mendemonstrasikan 4 langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan keyboard  secaara tepat dan benar ( lembar uji prosedur )

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Pembelajaran
Mematikan komputer 

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
      Model Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
            1. Kegiatan Pendahuluan
·         Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan komputer
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan tombol-tombol untuk mengaktifkan komputer
·         Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan komputer
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menunjukkan tombol dan fungsinya untuk proses mematikan komputer
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Peserta didik membentuk kelompok  untuk praktek.
F  Mendemonstrasikan mematikan komputer menggunakan mouse
F  Mendemonstrasikan mematikan komputer menggunakan keyboard

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang cara mematikan komputer dengan prosedur yang benar.

E. Sumber Belajar
Komputer, buku reverensi, lembar kerja.

F. Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur

Ø  Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur
Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)

Tes uji kerja


Tes uji kerja

Matikanlah komputer menggunakan fungsi perintah!


Matikanlah komputer dengan menggunakan fungsi tombol pada hardware!

Uji prosedur
No
Instrumen
Skala kwantatif
Nilai =

4
3
2
1
Jsp/jsm x 100
1
Mematikan komputer menggunakan mouse






2
Mematikan komputer menggunakan keyboard







Jumlah







Total jumlah




Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            
:
SMP/MTs ..................
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer
Kompetensi Dasar
:
2.3. Melakukan operasi dasar pada operating sistem dengan sistematis.
Alokasi Waktu
:
4 x pertemuan (4 x 40 menit)

A.     Tujuan Pembelajaran
  • Peserta didik dapat menggunakan shortcut pada desktop icon untuk mengaktifkan Windows Explorer dengan tepat.
  • Peserta didik dapat membuka tampilan Windows Explorer melalui tombol Start dengan tepat.
  • Peserta didik dapat membuat folder melalui menu bar pada layar Windows Explorer dengan tepat.
  • Peserta didik dapat membuat folder baru melalui menu bar dengan tepat.
  • Peserta didik dapat menyatukan file-file ke dalam satu folder dengan cara draging dengan tepat.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Sistem operasi
Pengelolaan file dan folder

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan   : CTL
      Model           : Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
            1. Kegiatan Pendahuluan
·         Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
·         Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan Windows Explorer dalam managemen file dan folder.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Mendemonstrasikan cara mengaktifkan dan menggunakan windows explorer melalui desktop icon dengan bantuan mouse.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran mengaktifkan windows explorer melalui desktop icon.
F  Pemberian tugas.

Pertemuan kedua
            1. Kegiatan Pendahuluan
·         Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer.
·         Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows Explorer dalam managemen file dan folder.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan cara mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Mendemonstrasikan cara mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.

Pertemuan ketiga
            1. Kegiatan Pendahuluan
·         Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer.
·         Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows Explorer dalam managemen file dan folder.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mendemonstrasikan cara membuat folder baru melalui menubar.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Mendemonstrasikan langkah cara membuat folder baru melalui perintah shortcut.
F  Menyalin, menghapus, file dari document yang ada ke folder yang baru dibuat

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran tentang pembuatan folder baru.
F  Pemberian tugas.

Pertemuan keempat
            1. Kegiatan Pendahuluan
·         Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer.
·         Memberika motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows Explorer dalam managemen file dan folder.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Mendemonstrasikan cara menyatukan file-file dengan cara draging.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran tentang cara menyatukan file-file dengan cara draging.

E. Sumber Belajar
Perangkat Komputer
Buku Referensi


F. Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM)

Ø  Menggunakan  file manager untuk mengelola file dan folder
(Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file)
Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)

Tes uji kerja

Tes uji kerja

Aktifkan Shortcut pada desktop!
Aktifkan menu pada menu taskbar!

Buatlah folder pada My document!


No
Instrumen
Penilaian
Skor max
Skor perolehan
1.
Mengaktifkan windows explorer melalui desktop icon
2

2.
Mengaktifkan windows explorer melalui tombol start
2

3.
Membuat folder baru melalui menubar
4

4.
Menyatukan file-file ke dalam satu folder
2

Jumlah
10

Nilai = x 100




Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................

0 komentar:

Posting Komentar

About