RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
VII (tujuh)/ 1 (satu)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1.
Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi,
dan prospeknya di masa mendatang
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1. Mengidentifikasi berbagai peralatan
teknologi informasi dan komunikasi
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x pertemuan (1 x 40 menit)
|
A. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
v mengidentifikasi
peralatan teknologi informasi dan komunikasi
dengan tepat
v mengidentifikasi
peralatan teknologi informasi dan
komunikasi teknologi informasi
v mengidentifikasi
peralatan teknologi informasi dan
komunikasi elektronika
v Melalui setudi pustaka
peserta didik dapat :
v menjelaskan pengertian
dan fungsi berbagai peralatan teknologi
informasi di bidang telekomunikasi
v Disajikan seperangkat
alat TIK, peserta didik mampu :
v menjelaskan fungsi
berbagai peralatan teknologi informasi di bidang teknologi informasi
v menjelaskan fungsi
berbagai peralatan teknologi informasi di bidang elektronika
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
a.
Bidang telekomunikasi
b.
Bidang teknologi informasi
c.
Bidang Elektronika
Fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang
menyangkut tentang penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
·
Memberika motivasi pentingnya TIK
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati peralatan
teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab. komputer, Nama Sekolah dan
sekitarnya
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.)
tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
F
Mengerjakan
lembar kerja.
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F
Menarik
kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
E.
Sumber Belajar
Perangkat
TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket,
lembar kerja, dsb.
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Mengidentifikasi
peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang
Ø Menjelaskan
fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
|
Tes tertulis
Tes Tertulis
|
Uraian
Uraian
|
Tunjukkanlah gambar
yang termasuk peral-atan
teknologi informasi dan sebutkan nama peralatannya.
Jelaskan fungsi dari faximail!
|
Lembar Observasi
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skala kuantitatif
|
Nilai =
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
Jsp/jsm x 100
|
||
1
|
Menunjukan alat
input
|
√
|
||||
2
|
Menunjukan alat
pemerosesan data
|
√
|
||||
3
|
Menunjukan alat
output
|
√
|
||||
4
|
Menunjukan alat
trasfer data
|
√
|
||||
Jumlah
|
8
|
3
|
2
|
-
|
Nilai = Jumlah Skor
Perolehan x 100 = 13 x
100 = 81,25
Jml Skor maksimal 16
Keterangan:
Berikan
tanda check ( V ) pada kolom yang sesuai
4 jika selalu muncul
3 jika sering muncul
2 jika kadang-kadang muncul
1 jika tidak pernah muncul
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............
( ..........................................
)
NIP/NIK :
.........................
|
............, ……………………. 20 …
Guru Mapel TIK.
(................................................)
NIP/NIK :
.............................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
VII (tujuh)/ 1 (satu)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami penggunaan TIK dan prospeknya di masa datang
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan TIK
dari masa lalu sampai sekarang
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x pertemuan ( 2 x 40 )
|
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
·
Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang
telekomunikasi
·
Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang
informasi
·
Menjelaskan perkembangan perangkat Tik dalam bidang etika
·
Mendeskripskan perkembangan perangkat TIK beserta
fungsinya dan dampaknya
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
- Sejarah tentang perkembangan bidang telekomunikasi
- Sejarah tentang perkembangan komunikasi
- Sejarah tentang perkembangan informasi
- Perangkat-perangkat TIK dari tradisional sampai modern
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model: Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan
motivasi :
·
Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan peserta didik tentang keuntungan
dan kerugian dampak TIK
F
Mencari
informasi di media cetak (buku, majalah dsb) tentang sejarah perkembangan TIK
F Menjelaskan fungsi beberapa perangkat TIK
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F
Menarik
kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan
motivasi :
·
Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menyampaikan
sejarah perkembangan TIK dari tradisonal samapai moderen
F
Menyampaikan
sejarah perkembangan TIK secara elektronik
dari generasi pertama sampai generasi terakhir
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengerjakan lembar kerja
E. Sumber Belajar
Perangkat
TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku teks,
lembar kerja, VCD dsb.
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Menjelaskan
perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi
Ø Mendeskripsikan
perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya
|
Tes tertulis
Ter tertulis
|
Uraian/ pilihan ganda
Uraian
|
Jelaskan berbagai penemuan yang terkait dengan
perangkat teknologi informasi dan komunikasi!
Deskripsikanlah
fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan
perkembangan penemuannya!
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............
(
.......................................... )
NIP/NIK :
.........................
|
............, ……………………. 20 …
Guru Mapel TIK.
(................................................)
NIP/NIK :
.............................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
||||||||||||||
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
||||||||||||||
Kelas /
Semester
|
:
|
VII / 1
|
||||||||||||||
Standar
Kompetensi
|
:
|
Memahami
penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di masa
mendatang
|
||||||||||||||
Kompetensi
Dasar
|
:
|
1.3.
Menjelaskan peranan teknologi informasi dan
komunikasi di dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||||||||||||||
Alokasi Waktu
|
:
|
1 X 40 menit.
|
||||||||||||||
Tujuan
Pembelajaran
|
||||||||||||||||
Peserta didik mampu :
|
||||||||||||||||
v Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||||||||||
Materi Ajar :
|
||||||||||||||||
Metode Pembelajaran :
Pendekatan CTL dan life skill.
|
||||||||||||||||
Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
apresiasi dan
motivasi :
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati tayangan
tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan.
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta
didik membentuk kelompok diskusi
F
Mengamati peran teknologi informasi dan
komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang.
F
Melakukan
studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam
kehidupan.
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat,
maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
telah dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
F Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi
informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari.
|
||||||||||||||||
Sumber / Alat pembelajaran :
|
||||||||||||||||
Penilaian :
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
|||||||||||||||
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi
Informasi dan Komunikasi
|
|||||||||||||||
Kelas /
Semester
|
:
|
VII / 1
|
|||||||||||||||
Standar
Kompetensi
|
:
|
Memahami
penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di masa
mendatang
|
|||||||||||||||
Kompetensi
Dasar
|
:
|
1.4.
Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari
penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi.
|
|||||||||||||||
Alokasi Waktu
|
:
|
1 X 40 menit.
|
|||||||||||||||
I
|
Tujuan
Pembelajaran
|
||||||||||||||||
Peserta didik mampu :
· Mengidentifikasi
berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
· Mengidentifikasi
berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan
kkomunikasi.
|
|||||||||||||||||
v Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
|||||||||||||||||
II
|
Materi Ajar :
· Keuntungan penggunaan
perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
· Keuntungan penggunaan
produk teknologi informasi dan komunikasi.
|
||||||||||||||||
III
|
Metode Pembelajaran :
· Diskusi dan ceramah
· Tanya Jawab
· Penemuan dari telaah
pustaka
· Pendekatan CTL dan life
skill.
|
||||||||||||||||
IV
|
Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
1. Kegiatan Pendahuluan :
apresiasi dan
motivasi :
a. Menanyakan kepada
peserta didik tentang beberapa hal yang berkaitan dengan keuntungan
menggunakan perangkat dan produk teknologi informasi dan komunikasi.
b. Menyampaikan tujuan
pembelajaran
2. Kegiatan Inti:
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati keuntungan penggunaan teknologi informasi
dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan diberbagai bidang.
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta
didik membentuk kelompok diskusi
F
Peserta
didik membentuk kelompok diskusi
F
Melakukan
studi pustaka tentang berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan
komunikasi.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat,
maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
telah dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
F Menarik kesimpulan tentang keuntungan
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan
diberbagai bidang.
|
||||||||||||||||
V
|
Sumber / Alat pembelajaran :
· Perangkat TIK
· Buku paket + literatur
tambahan
· Multimedia
|
||||||||||||||||
VI
|
Penilaian :
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
VII (tujuh)/ 1 (satu)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.5 Mengidentifikasiberbagai
dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi .
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x pertemuan ( 1 x 40 menit )
|
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
- Mengidetifikasi dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan.
- Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan tekonologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan.
- Menjelaskan dampak negatif penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
- Menjelaskan dampak negatif dari produk yang dihasilakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi .
- Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.
Materi Pembelajaran
Perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang
berdampak negatif
·
Bidang telekomunikasi
·
Bidang teknologi informasi
·
Bidang Elektronika
Produk yang dihasilkan dari teknologi informasi dan komunikasi yang
berdampak negatif.
·
Bidang telekomunikasi
·
Bidang teknologi dan informasi.
·
Bidang Elektronika.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan
motivasi :
·
Menanyakan kepada peserta didik tentang dampak negatif
penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan produk teknologi dan informasi
dan komunikasi yang dapat berdampak negatif.
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta
didik membentuk kelompok diskusi
F Peserta didik membentuk kelompok .
F
Memberikan
contoh dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
dilihat dari perangkat yang digunakan.
F Melakukan studi pustaka untuk mengetahui
dampak negatif teknologi informasi dan
komunikasi.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai
sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F
Menarik
kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi
E.
Sumber
Belajar
Perangkat TIK
(komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar
kerja, dsb.
F.
Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Mengidentifikasi
dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat
dari perangkat yang digunakan
Ø Mengidentifikasi
dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat
dari produk yang dihasilkan
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
|
Sebutkanlah dampak negatif penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!
Sebutkanlah dampak negatif penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan!
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............
(
.......................................... )
NIP/NIK :
.........................
|
............, ……………………. 20 …
Guru Mapel TIK.
(................................................)
NIP/NIK :
.............................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
VII (tujuh)/ 1 (satu)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.1 Mengaktifkan komputer
sesuai prosedur
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x pertemuan (1 x 40)
|
- Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangat peralatan komputer di lab. Komputer, peserta didik
dapat :
·
menunjukan tombol - tombol yang digunakan untuk
mengaktifkan komputer
·
menjelaskan fungsi tombol-tombol yang digunakan untuk
menghidupkan komputer
·
menjelaskan 3 langkah menghidupkan komputer ( proses cold
boot ) atau memulai Windows secara tepat dan benar
·
mendemonstrasikan 3 langkah menghidupkan komputer (
proses cold boot ) atau memulai Windows
secara tepat dan benar
·
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Mengaktifkan
komputer
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL Model Direct Learning, Cooperative Learning
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan komputer
·
Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur
mengaktifkan komputer
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati dan menunjukan nama dan fungsi
tombol-tombol untuk mngaktifkan komputer
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta
didik membentuk kelompok diskusi
F
Mendemontrasikan
proses cold boot dengan langkah secara
tepat dan benar
F
Mendemontrasikan
proses warm boot jika komputer hang dengan langkah secara tepat dan benar
F Mengerjakan lembar kerja.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan
tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
E. Sumber Belajar
Komputer, buku reverensi, lembar kerja.
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Mengidentifikasi
tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
Ø Melakukan
proses ”cold boot”
Ø Melakukan
proses ”warm boot”
|
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Tes Identifikasi
Tes uji kerja
Tes uji kerja
|
Tunjukkanlah tombol-tombol yang digunakan untuk
mengaktifkan komputer!
Aktifkanlah komputer melalui proses ”coldboot”!
Aktifkanlah komputer melalui proses ”warmboot”!
|
Lembar
Observasi
No
|
Instrumen
|
Skala kwantatif
|
Nilai =
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Jsp/jsm x 100
|
||
1
|
Tombol power
listrik
|
||||||
2
|
Tombol stavol /
stabilizer
|
||||||
3
|
Tombol monitor
|
||||||
4
|
Tombol Power
CPU
|
||||||
Jumlah
|
|||||||
Total jumlah
|
No
|
Instrumen
|
Skala kwantitif
|
Nilai =
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Jsp/jsm x 100
|
||
A
|
Menghidupkan
komputer ( Cold boot)
|
||||||
1
|
Mengecek aliran
listrik/Menghidupkan monitor
|
||||||
2
|
Mengecek disk
drive A dalam keadaan kosong atau berisi
|
||||||
3
|
Menekan tombol
power dan menunggu layar utama Window muncul
|
||||||
B
|
Proses warm
boot
|
||||||
4
|
Menggunakan key
board
|
||||||
5
|
Mengunakan
tombol yang ada pada CPU
|
||||||
Jumlah
|
|||||||
Total jumlah
|
Catatan:
SP = Skor
Perolehan Smax = Skor Maksimal=25
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............
(
.......................................... )
NIP/NIK :
.........................
|
............, ……………………. 20 …
Guru Mapel TIK.
(................................................)
NIP/NIK :
.............................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
VII (tujuh)/ 1 (satu)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Mengenal dasar operasi komputer
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.2 Mematikan komputer sesuai prosedur
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x pertemua ( 1 x 40 )
|
A. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangkat komputer
dalam keadaan hidup,peserta didik mampu :
·
menjelaskan 4 langkah mematikan komputer atau mengakhiri
Windows dengan cara menggunakan mouse
·
menjelaskan 4
langkah mematikan komputer dengan menggunakan key board
·
mendemonstrasikan 4 langkah mematikan komputer atau
mengakhiri Windows dengan cara menggunakan mouse secaara tepat dan benar (
lembar uji prosedur )
·
mendemonstrasikan 4 langkah mematikan komputer atau
mengakhiri Windows dengan cara menggunakan keyboard secaara tepat dan benar ( lembar uji prosedur
)
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Mematikan komputer
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan komputer
·
Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang
menyangkut tentang penggunaan tombol-tombol untuk mengaktifkan komputer
·
Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur
mengaktifkan komputer
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menunjukkan tombol dan
fungsinya untuk proses mematikan komputer
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta
didik membentuk kelompok diskusi
F
Peserta
didik membentuk kelompok untuk praktek.
F
Mendemonstrasikan
mematikan komputer menggunakan mouse
F Mendemonstrasikan mematikan komputer
menggunakan keyboard
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang cara mematikan komputer dengan
prosedur yang benar.
E. Sumber Belajar
Komputer, buku reverensi, lembar kerja.
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Mematikan
komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur
Ø Mematikan
komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur
|
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Tes uji kerja
Tes uji kerja
|
Matikanlah komputer menggunakan fungsi
perintah!
Matikanlah komputer dengan menggunakan fungsi
tombol pada hardware!
|
Uji prosedur
No
|
Instrumen
|
Skala kwantatif
|
Nilai =
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
Jsp/jsm x 100
|
|||
1
|
Mematikan
komputer menggunakan mouse
|
||||||
2
|
Mematikan
komputer menggunakan keyboard
|
||||||
Jumlah
|
|||||||
Total jumlah
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............
(
.......................................... )
NIP/NIK :
.........................
|
............, ……………………. 20 …
Guru Mapel TIK.
(................................................)
NIP/NIK :
.............................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
VII (tujuh)/ 1 (satu)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.3. Melakukan operasi dasar pada operating
sistem dengan sistematis.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x pertemuan (4 x 40 menit)
|
A.
Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat menggunakan shortcut pada desktop icon untuk mengaktifkan Windows Explorer dengan tepat.
- Peserta didik dapat membuka tampilan Windows Explorer melalui tombol Start dengan tepat.
- Peserta didik dapat membuat folder melalui menu bar pada layar Windows Explorer dengan tepat.
- Peserta didik dapat membuat folder baru melalui menu bar dengan tepat.
- Peserta didik dapat menyatukan file-file ke dalam satu folder dengan cara draging dengan tepat.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Sistem operasi
Pengelolaan file dan folder
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
·
Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan Windows
Explorer dalam managemen file dan folder.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan kepada peserta didik tentang
beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta
didik membentuk kelompok diskusi
F Mendemonstrasikan cara mengaktifkan dan
menggunakan windows explorer melalui desktop icon dengan bantuan mouse.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F
Menarik
kesimpulan tentang pembelajaran mengaktifkan windows explorer melalui desktop
icon.
F Pemberian tugas.
Pertemuan kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
·
Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut
tentang Windows Explorer.
·
Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows
Explorer dalam managemen file dan folder.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan cara mengaktifkan windows explorer melalui tombol
start.
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta
didik membentuk kelompok diskusi
F Mendemonstrasikan cara
mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran
mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.
Pertemuan ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
·
Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut
tentang Windows Explorer.
·
Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows
Explorer dalam managemen file dan folder.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendemonstrasikan cara membuat folder baru melalui
menubar.
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta
didik membentuk kelompok diskusi
F
Mendemonstrasikan
langkah cara membuat folder baru melalui perintah shortcut.
F Menyalin, menghapus, file dari document yang ada ke folder
yang baru dibuat
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F
Menarik
kesimpulan tentang pembelajaran tentang pembuatan folder baru.
F
Pemberian
tugas.
Pertemuan keempat
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
·
Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut
tentang Windows Explorer.
·
Memberika motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows
Explorer dalam managemen file dan folder.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan kepada peserta didik tentang
beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta
didik membentuk kelompok diskusi
F Mendemonstrasikan cara menyatukan file-file dengan
cara draging.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran tentang
cara menyatukan file-file dengan cara draging.
E. Sumber Belajar
Perangkat Komputer
Buku Referensi
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Menggunakan
sistem operasi (misalnya WindowsTM)
Ø Menggunakan file
manager untuk mengelola file
dan folder
(Membuat folder,
mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file)
|
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Tes uji kerja
Tes uji kerja
|
Aktifkan Shortcut
pada desktop!
Aktifkan menu pada menu taskbar!
Buatlah
folder pada My document!
|
No
|
Instrumen
|
Penilaian
|
|
Skor max
|
Skor perolehan
|
||
1.
|
Mengaktifkan
windows explorer melalui desktop icon
|
2
|
|
2.
|
Mengaktifkan
windows explorer melalui tombol start
|
2
|
|
3.
|
Membuat
folder baru melalui menubar
|
4
|
|
4.
|
Menyatukan
file-file ke dalam satu folder
|
2
|
|
Jumlah
|
10
|
||
Nilai =
![]() |
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............
(
.......................................... )
NIP/NIK :
.........................
|
............, ……………………. 20 …
Guru Mapel TIK.
(................................................)
NIP/NIK :
.............................
|
0 komentar:
Posting Komentar