RPP Mengoperasikan paket program pengolah angka/Spreadsheet
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah
: ................................
Kompetensi
Keahlian
: Akuntansi
Mata Pelajaran
:Mengoperasikan paket program pengolah angka/Spreadsheet
Kelas /
Semesrter
: XII / 5
Alokasi
Waktu
: 4 @ 45 menit
Standar
Kompetensi
: Mengoperasikan paket program pengolah angka /
Spreadsheet
Kompetensi
Dasar
: Mempersiapkan komputer dan paket program pengolah
Angka
Indikator
: a. Komputer yang dibutuhkan untuk mengoperasikan paket program
pengolah angka disediakan
b.Paket program pengolah
angka siap diopearasikan.
c.Sumber data yang akan
diolah dengan program pengolah angka disiapkan
I.
Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan 1 :
a. Peserta diklat dapat menyediakan
komputer yang dibutuhkan untuk mengoperasikan
paket
program pengolah angka disediakan
b. Peserta diklat dapat menyiapkan
paket program pengolah angka.
Pertemuan 2 :
a. Peserta diklat dapat menyiapkan
sumber data yang akan diolah dengan program
pengolah angka .
II. Materi Pembelajaran :
a.
Pengenalan perangkat keras dan lunak komputer
b.
Pengenalan fitur-fitur yang ada pada MS Office
c. Mengenal MS Office excel 2003 dan 2007.
d. Mengenal fungsi-fungsi MS office excel
yang relevan dengan akuntansi dan keuangan.
e.
Mengidentifikasi, mengumpulkan dan menyiapkan data-data untuk diinput
kedalam
paket program spreadsheet
III. Metode Pembelajaran
: diskusi, tanya jawab, penugasan
IV. Kegiatan
Pembelajaran :
Pertemuan 1:
Tahap
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Membuka
pelajaran
- Pretes
- Apersepsi
dan motivasi
|
5 menit
|
Inti
|
- Menjelaskan
pengertian prangkat keras dan
perangkat
lunak komputer.
- Menjelaskan
fitur-fitur yang ada pada MS ofice.
- Menjelaskan
dan mengenalkan MS office sebagai
pengolah angka
- Mengenalkan
fungsi-fungsi MS office excel yang
relevan dengan akuntansi dan keuangan.
|
55
menit
|
Penutup
|
-
Menyimpulkan materi
- Latihan
soal
- Menutup
pelajaran
|
30 menit
|
Pertemuan 2:
Tahap
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Membuka
pelajaran
- Pretes
- Apersepsi
dan motivasi
|
5 menit
|
Inti
|
-
Mengidentifikasi, mengumpulkan dan menyiapkan
data-data untuk diinput kedalam paket program
spreadsheet
|
55
menit
|
Penutup
|
-
Menyimpulkan materi
- Latihan
soal
- Menutup
pelajaran
|
30 menit
|
V. Alat, bahan
dan sumber belajar :
1. Modul
2 Buku
referensi
3. SOP DUDI
4. SAK
5
Aplikasi DUDI
VI. Penilaian :
1. Tes
tertulis.
2. Tes lisan
3. Tugas
................................
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Guru Mata Diklat
..............................
.....................................
NIP.
NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah
: ................................
Kompetensi
Keahlian
: Akuntansi
Mata
Pelajaran
: Mengoperasikan paket program pengolah angka/spreadsheet
Kelas / Semesrter
: XII / 5
Alokasi
Waktu
: 48 @ 45 menit
Standar
Kompetensi
: Mengoperasikan paket program pengolah angka
/
Spreadsheet
Kompetensi
Dasar
: Mengentry data
Indikator
: .a. Karakter
sel diidentifikasi.
b. Karakter data diidentifikas
c. Data dientry sesuai dengan karakter sel.
d. Hasil entry
disesuaikan dengan sumber
I. Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan 1 – 8 :
a. Peserta diklat dapat
mengidentifikasi karakter sel
b. Peserta diklat dapat
mengidentifikasi karaktr data
Pertemuan 9 - 24 :
a.Peserta diklat dapat mengentry
data sesuai dengan karakter sel.
b.Peserta diklat dapat menyesuaiakan
hasil entry dengan sumber
II. Materi Pembelajaran :
a.
Mengidentiikasi kolom dan baris dalam excel
b. Menentukan
jenis dan karakter data yang akan dientry kedalam spreadsheet
c. Entry data
sesuai karakter sel.
d. Merancang formula/rumus entry data untuk disesuaikan
dengan hasilnya.
e. Melihat kesesuaian hasil entry
dengan sumber datanya,
III. Metode
Pembelajaran : diskusi, tanya jawab, penugasan
IV. Kegiatan
Pembelajaran :
Pertemuan 1 - 8
:
Tahap
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Membuka pelajaran
- Pretes
- Apersepsi
dan motivasi
|
30 menit
|
Inti
|
- Menjelaskan
identifikasi data khusus sesuai dengan
kolom
dan baris.
- Mengelompokkan jenis-jenis data yang akan diinput
kedalam spreadsheet.
- Menjelaskan dan melakukan input data
sesuai
karakter sel.
|
180 menit
|
Penutup
|
-
Menyimpulkan materi
- Latihan
soal
- Menutup
pelajaran
|
510 menit
|
Pertemuan 9 –
24 :
Tahap
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Membuka
pelajaran
- Pretes
- Apersepsi dan
motivasi
|
30 menit
|
Inti
|
- Menjelaskan
cara pembuatan formula rumus untuk
memudahkan proses entry data kedalam spreadsheet.
- Menjelaskan
kesesuaian hasil dengan sumber data
dan
inputnya.
|
390 menit
|
Penutup
|
-
Menyimpulkan materi
- Latihan
soal
- Menutup
pelajaran
|
1020 menit
|
V. Alat, bahan
dan sumber belajar :
1. Modul
2 Buku
referensi
3. SOP DUDI
4. SAK
5
Aplikasi DUDI
VI. Penilaian :
1. Tes
tertulis.
2. Tes lisan
3. Tugas
...................................
Mengetahui
Kepala Sekolah
Guru Mata Diklat
..............................
.....................................
NIP.
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (
RPP )
Nama
Sekolah
: ................................
Kompetensi
Keahlian
: Akuntansi
Mata
Pelajaran
: Mengoperasikan paket program pengolah angka/spreadsheet
Kelas /
Semesrter
: XI / 4
Alokasi
Waktu
: 32 @ 45 menit
Standar
Kompetensi
: Mengoperasikan paket program pengolah angka/Spreadsheet
Kompetensi
Dasar
: Mengolah
data dengan menggunakan fungsi-fungsi program pengolah angka
Indikator
: a. Data diolah
dengan rumus matematika
b. Data
diolah dengan rumus statistik
c. Data
diolah dengan rumus semi absolut, absolut dan
fungsi logika.
d
.Data diolah dengan menggunakan fungsi finansial
e. Data diolah dengan menggunakan fungsi datetime
f.
Data diolah dengan menggunakan fungsi grafik.
I. Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan 1 - 8 :
a. Peserta diklat dapat mengolah data dengan
rumus matematika
b. Peserta diklat dapat mengolah data dengan rumus statistik
c. Peserta diklat dapat mengolah data dengan rumus semi absolut, absolut
dan fungsi
logika.
Pertemuan 9 –
16 :
a. Peserta diklat dapat mengolah data dengan menggunakan fungsi
finansial
b. Peserta diklat dapat mengolah data dengan menggunakan fungsi datetime
c. Peserta diklat dapat mengolah data dengan menggunakan fungsi grafik
II. Materi Pembelajaran :
a. Memasukkan
kalkulasi matematika seperti Autosum penghitungan otomatis dan
penghitungan matematika.
b
Memasukkan rumus-rumus statistic ( sum,average, max, min, count ) untuk
melakukan
entry data sesuai dengan keinginan.
c. Merancang
dan menggunakan rumus semi absolut ( IF, OR, AND,NOT
) untuk
memudahkan entry
data..
d. Merancang
dan memasukkan fungsi-fungsi financial untuk memudahkan entry data
sesuai dengan hasilnya.
e
.Memaksimalkanfungsi-fungsi date-time.
f. Mengolah
data dengan fungsi-funsi grafik
III. Metode
Pembelajaran : diskusi, tanya jawab, penugasan
IV. Kegiatan
Pembelajaran :
Pertemuan 1 - 8
:
Tahap
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Membuka
pelajaran
- Pretes
- Apersepsi
dan motivasi
|
30 menit
|
Inti
|
- Menjelaskan
fungsi-fungsi kalkulasi matematika
dalam penggunaan spreadsheet.
- Menjelaskan
fungsi-fungsi statistic dan aplikasi
spreadsheet
- Menjelaskan
rumus dan fungsi-fungsi semi absolut
dan
fungsi-fungsi logika untuk memudahkan entry
data.
|
180 menit
|
Penutup
|
-
Menyimpulkan materi
- Latihan
soal
- Menutup
pelajaran
|
510 menit
|
Pertemuan 9 -
16 :
Tahap
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Membuka
pelajaran
- Pretes
- Apersepsi
dan motivasi
|
30 menit
|
Inti
|
- Menjelaskan
fungsi-fungsi financial untuk entry data
akuntansi dan keuangan.
- Menjelaskan
fungsi-fungsi date-time dalam aplikasi
spreadsheet.
- Menjelaskan
fungsi-fungsi grafik untuk keperluan
olah data.
|
180 menit
|
Penutup
|
-
Menyimpulkan materi
- Latihan
soal
- Menutup
pelajaran
|
510 menit
|
V. Alat, bahan
dan sumber belajar :
1. Modul
2 Buku
referensi
3. SOP DUDI
4. SAK
5
Aplikasi DUDI
VI. Penilaian :
1. Tes
tertulis.
2. Tes lisan
3. Tugas
....................,........................
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Guru Mata Diklat
..............................
.....................................
NIP.
NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah
: ................................
Kompetensi
Keahlian
: Akuntansi
Mata
Pelajaran
: Mengoperasikan paket program pengolah angka/spradsheet
Kelas /
Semesrter
: XI / 4
Alokasi Waktu
: 32 @ 45 menit
Standar
Kompetensi
: Mengoperasikan paket program pengolah angka
/
Spreadsheet
Kompetensi
Dasar
: Membuat laporan
Indikator
: a. Laporan dibuat dalam bentuk table.
b. Laporan dibuat dalam bentuk gafik
I. Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan 1 :
a. Peserta diklat dapat membuat
laporan dalam bentuk table
Pertemuan 2 :
a. Peserta diklat dapat membuat laporan dalam
bentuk gafik
II. Materi Pembelajaran :
a. Membuat laporan dalam bentuk
table untuk keperluan berbagai solusi akuntansi dan
keuangan serta
bisnis.
b. Membuat laporan dalam bentuk
grafik untuk memudahkan orang lain memahami laporan
III. Metode
Pembelajaran : diskusi, tanya jawab, penugasan
IV. Kegiatan
Pembelajaran :
Pertemuan 1 -8
:
Tahap
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Membuka
pelajaran
- Pretes
- Apersepsi
dan motivasi
|
30 menit
|
Inti
|
- Menjelaskan cara penyusunan dan pembuatan laporan
spreadsheet dalam
bentuk tabel untuk keperluan
akuntansi dan
keuangan
|
180 menit
|
Pentup
|
-
Menyimpulkan materi
- Latihan
soal
- Menutup
pelajaran
|
510 menit
|
Pertemuan 9 -
16 :
Tahap
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Membuka
pelajaran
- Pretes
- Apersepsi
dan motivasi
|
30 menit
|
Inti
|
- Menjelaskan
cara penyusunan dan pembuatan laporan
spreadsheet dalam bentuk grafik untuk keperluan
akuntansi dan keuangan
|
180 menit
|
Pentup
|
-
Menyimpulkan materi
- Latihan
soal
- Menutup
pelajaran
|
510 menit
|
V. Alat, bahan
dan sumber belajar :
1. Modul
2 Buku
referensi
3. SOP DUDI
4. SAK
5
Aplikasi DUDI
VI. Penilaian :
1. Tes
tertulis.
2. Tes lisan
3. Tugas
................................
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Guru Mata Diklat
..............................
.....................................
NIP.
NIP.
BalasHapusNo. Referensi : 200336183885
Dari Rekening : 446201014608533 Simpedes / IDR
Ke Rekening : 010001058911500
Pemilik Rekening yang Dituju : IROH ROHAYATI
Jumlah : IDR 1.000.000,00
Tanggal Transfer : Jumat, 25 Juli 2014 15:33:10