Pages

Kemendagri Cek Peralatan e-KTP

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Reydonnyzar Moenek mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak konsorsium terkait masalah itu. Nah, kata dia, konsorsium berjanji segera mememuhi jumlah peralatan serta mengatasi masalah lainnya.


“Karena e- KTP ini sudah kesepakatan nasional pemerintah daerah diharapkan mendukungnya, kalau ada masalah akan dicari solusinya,”kata dia saat dihubungi SINDO terkait persoalan belum sepenuhnya peralatan sampai di sejumlah kecamatan di Kabupaten Labuhanbatu. Sementara pemerintah pusat sendiri awalnya memasang target pada 11 Agustus lalu sudah diluncurkan program e- KTP.

Namun hingga kemarin peralatan yang dibutuhkan belum lengkap. Perlu diketahui, sebelumnya Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Pemkab Labuhanbatu Esty Pancaningdyah menolak permintaan untuk meluncurkan e- KTP oleh konsorsium yang berasal dari Jakarta.

Penyebabnya, belum lengkapnya peralatan pendukung. Saat ini jaringan dan server untuk mengakses data belum terpasang di kantornya, apalagi di kecamatan. Reydonnyzar melanjutkan, Kemendagri memang merencanakan untuk menyelesaikan pengadaan 67 juta wajib e-KTP di 197 kabupaten/kota pada tahun 211 ini.

Selanjutnya,pada tahun2012akandituntaskansebanyak 105 juta penduduk lagi e-KTP di 300 kabupaten/ kota. “Karena Kabupaten Labuhanbatu masuk dalam penerapan e-KTP sesuai kesepakatan pemerintah pusat dengan masing-masing kepala daerah tentu akan dapat diterapkan di Labuhanbatu,”ungkapnya. Dia menambahkan, masalah kontrak peralatan pendukung peluncuran e-KTP dengan pihak konsorsium baru akan tuntas hingga akhir 2012 mendatang.

“Jadi tidak ada masalah dengan kontrak dengan pihak konsorsium,karena ini program pemerintah dan masih berlaku sampai tahun 2012 nanti,”tuturnya. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Labuhanbatu Esty Pancaningdyah mengatakan, pihaknya telah berulangkali mempertanyakan masalah peralatan yang belum lengkap disejumlah kecamatan di Labuhanbatu kepada Konsorsiun Indosat Sub Divisi Sumatera Utara.

“Tapi ketika kami hubungi Konsorsium Indosat Sub Devisi Sumatera, selalu mereka mengatakan hubungi yang ini, oh hubungi yang itu.Akhirnya, selalu tidak ada yang pas untuk memberi keterangan,”tegas Esty. Menurutnya, persoalan belum lengkapnya peralatan pendukung e-KTP disetiap kecamatan seperti jaringan, server, kaki kamera,personal komputer dan alat pemindai retina mata dan sidik jari telah dilaporkan ke kordinator wilayah (korwil) yang menangani pengadaan ini.

“Kendala sudah kita laporkan ke korwil.Dan mereka akan menghubungi konsorsium. Mungkin mereka juga melakukan evaluasi dengan konsorsium ini juga,”tutur Esty. Penanggungjawab konsorsium sistem e- KTP Anang mengatakan, sesuai laporan yang diperolehnya, semuanya peralatan pendukung peluncuran e-KTP sudah sampai disetiap kecamatan di Kabupaten Labuhanbatu. “Tapi memang itu ada pokja (kelompok kerja) masingmasing. Kalau informasi mereka sudah dikerjakan. Nanti akan kita jawab secara resmi dan mengeceknya nanti kalau ada masalah,”uangkapnya. _sartana nasution

Sumber :Seputar Indonesia
Tags :Berita Depdagri

1 komentar:

About