Pages

PIRANTI E KTP TIDAK BERFUNGSI BAGUS

SOLO--MICOM: Piranti e-KTP tidak berfungsi bagus, Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menyalahkan pemerintah pusat, yang dianggap terlalu memaksakan program KTP nasional itu kepada daerah.


"Mestinya persiapkan matang terlebih dulu. Bukannya seperti ini, piranti tidak berfungsi, membuat semua amburadul di lapangan," jelas Rudy di Solo, Jawa Tengah, Kamis (8/9), terkait pelaksanaan e-KTP yang berjalan lamban dan membuat banyak masyarakat kecewa.

Pemkot Solo, lanjut pria berkumis tebal yang sering bicara lantang itu, menuntut pemerintah pusat meneliti piranti susulan yang akan dikirimkan ke daerah, supaya ketika dioperasionalkan tidak bermasalah lagi. Optimalisasi fungsi piranti mesin e-KTP, diharapkan bisa meminimalisasi kendala di lapangan.

Yang jelas, lanjut Rudy, sejak pelaksanaan pembuatan e-KTP serentak di lima kecamatan mulai Selasa (6/9) , keluhan masyarakat bermunculan. Mulai dari antrean lama, peralatan e-KTP tak berfungsi baik, hingga minimnya kehadiran.

Padahal jadwal pelaksanaan e-KTP di Solo yang sudah berjalan selama tiga hari, sebenarnya merupakan penundaan dari jadwal semestinya, yang harus dilaksanakan pada pertengahan Agustus. Molornya pelaksanaan, karena belum semua piranti e-KTP datang.

"Sudah molor, beban operasional e-KTP cukup besar. Sekitar Rp2 miliar. Secara pribadi daripada untuk e-KTP mending ke program pengentasan kemiskinan saja. Tapi ini program dari pusat dan kami wajib melaksanakannya," tutur Rudy.

Terpisah Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Dispendukcapil ) Solo Mamiek Miftachul Hadi menyatakan, program e-KTP memang belum masimal, karena masih terkendala piranti mesin yang kurang berfungsi, sehingga memunculkan dampak antrean lama, yang membuat masyarakat kecewa. (WJ/OL-2)

0 komentar:

Posting Komentar

About