Pages

GURU

APA YANG SEPATUTNYA YANG DIPUNYAI OLEH SEORANG GURU; Banyak hal-hal yang telah dilupakan pada sa’at ini. Ada istilah yang harus selalu di ingat oleh seorang GURU yaitu: “Guru itu harus bisa di GUGU dan di TIRU”. Guru itu ibarat sebuah sumur yang penuh dengan air. Kalau sumurnya kering, tidak akan bisa memberikan air yang cukup kepada orang lain. Jadi guru harus selalu mencari ilmu yang sebanyak-banyaknya, agar dapat memberikan ilmu pula kepada muridnya. Jadi yang harus dipunyai oleh seorang guru adalah :

ILMU ; Ilmu ibarat air.

TATAKRAMA ; Mempunyai tingkah laku yang baik, sopan santun, agar bisa menjadi contoh muridnya.

JUJUR DAN IKHLAS ; Ini sangat penting, karena sesuatu yang disajikan dengan jujur dan ikhlas akan membekas dalam otak, telinga, ucapan dan hati. Semangat belajar muncul dengan sendirinya, apapun yang diperintahkan gurunya pasti di ikuti. Muncul sugesti yang tinggi dari dalam diri seorang murid. Karena CONTOH sudah ada pada gurunya.

SEMANGAT JUANG ; Jangankan memindahkan batu, gunung saja bisa di pindahkan dengan semangat juang.

IMPIAN ; Dalam impian ada harapan. Mampu menunjukkan jalan yang benar, memberi gambaran yang baik.

Paham akan arti “ Ing Ngarso Sun Tulodho = Di depan harus bisa menjadi contoh, menjadi suri tauladan. Ing Madyo Mangun Karso = Di tengah harus bisa membangun bersama, menjunjung bersama, bergerak bersama. Tut Wuri Handayani = Di belakang harus bisa memberikan dukungan, menjadi benteng, menjadi jaminan, menjadi pengaman”, yang mengarah kepada kebaikkan.

Guru jangan mengakal-akali murid dan wali muridnya, dengan berdagang buku disekolah dengan harga yang tinggi, karena guru yang menjual, mau-tidak mau harus membeli bukunya.

Kurikulum sengaja di perketinggalankan, agar bisa les dengan membayar uang les, dan macam-macam lagi kegiatan guru yang diadakan supaya dapat uang dari muridnya.

Kalau sudah GURU seperti ini, bagaimana muridnya. Pantas banyak pejabat yang korupsi, karena gurunya seperti itu.

Jadilah GURU sejati.

0 komentar:

Posting Komentar

About